Edukasi STEM dengan 3D Printer

  22 July 2020  


Caspar de Vries, 2 November 2016 (https://ultimaker.com/learn/teaching-stem-with-3d-printed-bottle-rockets)

Anak-anak di sekolah dasar De Singelier belajar tentang STEM dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Mereka membuat roket dari botol PET menggunakan bagian cetak 3D dan meluncurkannya menggunakan tekanan air. Ketika anak-anak melewati beberapa iterasi untuk sampai pada desain yang berfungsi, mereka belajar tentang sifat desain dan pengembangan; tentang mengidentifikasi kelemahan dalam versi sebelumnya, belajar darinya dan memperbaiki roketnya. Baca terus untuk menemukan rencana pelajaran yang komprehensif untuk memasukkan proyek ini ke dalam program pendidikan sekolah Anda.

Mari kita membangun roket!

Kelas mencakup semua aspek mendesain roket; dari gambar stensil hingga desain di TinkerCad hingga 3D mencetak bagian-bagiannya. Anak-anak didorong untuk menguji desain mereka dan melihat apa yang berhasil. Apakah kerucut hidungnya cukup tajam? Bagaimana bentuk sayapnya? Apa yang terjadi jika Anda bermain-main dengan desain yang berbeda? Mereka memulai perjalanan eksploratif trial and error untuk akhirnya sampai pada desain yang membuat roket tinggi di udara.

"Every device around us was once tested by someone, has failed, and has been improved again. That's a great learning experience for the students to have."

"Setiap perangkat di sekitar pernah diuji oleh seseorang, telah gagal, dan telah diperbaiki lagi. Itu adalah pengalaman belajar yang luar biasa bagi siswa."

Menurut Freek van Iersel, seorang guru kelas 7 di De Singelier, aspek penting dari proyek ini adalah bahwa anak-anak dapat melihat bahwa itu baik-baik saja jika sebuah ide gagal. Setiap perangkat yang kami gunakan dalam kehidupan sehari-hari kami pernah diuji, kemudian diperbaiki dan diuji lagi - begitulah proses desain bekerja. Bagi anak-anak, penting untuk belajar bahwa sementara beberapa ide berhasil lebih baik daripada yang lain, upaya yang gagal harus didekati sebagai peluang untuk peningkatan daripada sekadar kegagalan. Contoh sekolah ini menunjukkan bagaimana proyek roket digunakan untuk tujuan ini, tetapi ada banyak cara lain untuk melibatkan siswa Anda dengan cara yang menyenangkan melalui pencetakan 3D.

Rencana belajar

Pencetakan 3D memungkinkan anak-anak untuk mengubah ide-ide mereka menjadi benda nyata. Ini merangsang kreativitas mereka dan mendorong mereka untuk memikirkan kembali desain mereka sebelumnya. Proyek-proyek seperti ini secara signifikan memengaruhi pengalaman belajar para siswa - dengan mencari tahu sendiri bagaimana ide-ide tertentu bekerja dalam praktik, mereka akan mengingat pelajaran yang mereka pelajari lebih jelas jika dibandingkan dengan hanya membaca atau mendengar tentang hal itu.

Ada banyak cara di mana pencetakan 3D dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam pendidikan dasar modern. Ini menawarkan kemungkinan yang hampir tak ada habisnya untuk menyalakan imajinasi, menumbuhkan kerja tim dan secara keseluruhan membuat belajar lebih menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjut untuk menemukan bagaimana pencetakan 3D dapat meningkatkan pembelajaran silahkan email ke sales@sentral.co.id



CONTACT US

  FIND US NOW  


Graha Mas Fatmawati Block A 27-29
Jln RS.Fatmawati No.71
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12150, Indonesia
+62 21 72800110
info@sentral.co.id www.sentral.co.id